Main Menu

Penting

Calendar

June 2019
S M T W T F S
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30

FangShen + ChaoDu bersama Drukpa Rinpoche & Thek Chok Rinpoche [Updated]

Acara FangShen di Jakarta yang rencananya akan diadakan pada hari Sabtu, tanggal 13 November 2010 telah di rubah menjadi hari Minggu, tanggal 14 November 2010 jam 09.00 pagi , karena pada hari Sabtu tersebut, Rinpoche telah mengadakan Puja Mahakala + Tsog + Serkyem dari pagi hingga malam. Umat di Jakarta amat banyak yang hadir mengikuti acara Fang Shen yang di adakan di daerah Teluk Naga - Tangerang. Acara ini di pimpin langsung oleh Ven. Zurmang Drukpa Rinpoche IV dan Thek Chok Rinpoche, 4 Lama serta Ani Tashi.

 

 

Bagi umat yang tidak ikut acara FangShen, tetap mengikuti Puja Tara seperti biasa di Center Zurmang Kagyud Indonesia - Jakarta, Jl. Cideng Barat No. 8, pada jam 10.00 pagi, yang dipimpin oleh Lama Jigme Norbu.

Acara ini amat baik kita ikuti, untuk memupuk sifat Boddhicita dalam diri kita. Ven. Zurmang Drukpa Rinpoche IV amat terkenal dalam hal Fang Shen serta Phowa yang telah sering diadakan di berbagai negara.

Pada sore harinya jam 15.00 , telah diadakan doa ChaoDu + Carmic Deptors. Doa Chao Du kali ini khusus diadakan oleh Rinpoche, karena telah terjadi berbagai macam bencana di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari bencana banjir bandang di Papua Barat, meletusnya gunung Merapi di Jawa Tengah, bencana Tsunami di Sumatra Barat, serta berbagai bencana lain yang terjadi di berbagai provinsi lainnya di Indonesia. Semua bencana ini telah menelan banyak nyawa, baik manusia maupun binatang. Dan tentu saja jumlah arwah yang berada dalam alam bardo bertambah dengan drastis.

Dalam puja Chao Du kali ini, selain kita mendoakan para arwah akibat bencana tersebut, serta seluruh mahluk yang terbebas dari bencana, kita juga dapat mendoakan arwah saudara & teman kita yang telah meninggal, maupun saudara & teman kita yang masih hidup. Selain itu juga doa agar terbebas dari Carmic Deptors (penagih hutang karma), yang padanya kita berhutang karma.

Untuk itu umat mengisi nama yang akan di doakan (umat juga dapat menempelkan photo ukuran 3x4 sebanyak 1 lembar) pada lembaran Chao Du. Umat dianjurkan untuk memperhatikan bahwa lembaran untuk arwah (warna biru lebih dominan) berbeda dengan lembaran untuk yang masih hidup (warna hijau lebih dominan). Berikut daftar acara yang telah diadakan pada hari minggu tersebut.

Acara hari Minggu, 14 November 2010 bersama Ven. Drukpa Rinpoche IV dan Thek Chok Rinpoche
Jam 09.00 - 12.00 Fang Shen
Jam 15.00 - 18.00 ChaoDu + Carmic Deptor

Beberapa photo yang diambil saat berlangsungnya acara Fang Shen serta Chao Du dapat dilihat dibawah ini.