Gharwang 5

Zurmang Gharwang V – Karma Tenkyong Lodro Nyima

Gharwang 5Inkarnasi yang tak terputus dari Zurmang Gharwang Tulku V dikenal dengan nama Karma Tenkyong Lodro Nyima. Guru-guru utamanya adalah Gyalwa Karmapa dan yang mulia Sharmapa.

Zurmang Gharwang Tulku V ini terkenal sebagai cendikiawan yang sangat pandai. Dan dalam kelahirannya kali ini, ia menyusun 6 kumpulan tulisan yang sangat berharga yang dikenal sebagai Trungon Kunga Namgyal, yang berisi penjelasan yang sangat dalam dan mendetail mengenai latihan-latihan Zurmang Nyengyud. Ia mengajar di banyak tempat dan juga menghimpun banyak sekali pengikut baru yang datang karena tertarik atas ajarannya yang dalam.

BirwapaSelain kemampuan spiritual dan artistiknya, inkarnasi Zurmang Gharwang V ini sangat terkenal sebagai arsitek yang sedang naik bintang. Gabungan dari pesona pribadinya dan hasil dari apa yang telah dilakukan oleh para pendahulunya, menghasilkan kelompok sangha yang besar dan kebutuhan yang mendesak untuk perkembangan yang lebih cepat. Zurmang Gharwang V ini memulai rencana besar untuk mendirikan bangunan yang merubah Zurmang menjadi suatu kompleks monastri yang sangat luas, dengan reputasi yang patut ditiru sebagai pusat pendidikan dan latihan agama.

Sama seperti pendahulunya, ia pun menerima suatu gelar kehormatan Khentin dari kaisar China. Zurmang Gharwang V ini parinibbana pada usia 60 tahun.