Gharwang 4

Zurmang Gharwang IV – Karma Gyaltshen Lodroe Namgyal

Gharwang 4Nama resmi dari Zurmang Gharwang Tulku IV adalah Karma Gyaltshen Lodroe Namgyal. Beliau dilahirkan di Kongpo dengan banyak pertanda baik dan sesuai dengan penglihatan yang sangat tepat dari Kunchog Lama, salah satu pengikut yang terkenal dari Karmapa.

Inkarnasi Zurmang Gharwang IV ini merupakan seseorang yang memiliki kemampuan spiritual yang tinggi sekali. Pada masa kecilnya, ia sering kali berbicara mengenai kehidupannya dimasa lalu. Dan dengan jelasnya ia menceritakan kehidupannya di India sebagai Mahasiddha Tilopa yang tiada tandingannya. Juga menceritakan kehidupan lalunya sebagai pengikut Buddha yang dikenal sebagai Richen Choedak Chang.

Pada waktu itulah, Gyalwa Karmapa VIII (Mikyo Dorje) yang masih kecil dan berusia 8 tahun, mengunjungi Zurmang Gharwang. Dan ia mengalami sendiri suatu rangkaian penglihatan yang mengungkapkan dengan jelas mengenai rincian dari inkarnasinya yang lalu.

Zurmang Gharwang IV adalah seorang praktisi yang sempurna. Pada waktu ia melibatkan diri dengan latihan Zurmang Nyengyud, ia menerima berkat dari leluhurnya secara luar biasa dan kebijaksanaan yang luar biasa muncul secara spontan. Karena realisasinya yang sangat dalam, ia menjadi guru utama dari ajaran silsilah Mahamudra, terutama karena keahliannya dalam pengajaran 6 Yoga Naropa.

Karena kemampuan spiritualnya yang sangat hebat, kaisar menganugerahkan kepadanya suatu gelar kehormatan Khentin, yang berarti “Guru besar yang tak dapat disangkal”.

Zurmang Gharwang Tulku IV ini memasuki mahaparinirvana pada usia yang relatif masih sangat muda, yaitu 29 tahun. Menjelang saat wafatnya, murid-murid terdekatnya sempat menyaksikanbahwa guru mereka yang dikasihi melayang tinggi ke angkasa menuju ke Tanah Suci di Barat, dan secara ajaib pula menampakkan diri kembali dan memberikan ajaran sesuai dengan yang diperlukan. Banyak juga tanda-tanda lain yang luar biasa yang terjadi, yang menggambarkan meninggalnya seorang Mahasattva.