Gharwang 3

Zurmang Gharwang III – Nang So Pema Lodro

Inkarnasi Tulku Zurmang Gharwang yang ketiga dalam garis keturunan tasbih emas tradisi Zurmang Kagyud ini dikenal sebagai Nang So Pema Lodro. Pembimbing utamaNya adalah Gyalwa Karmapa VII (Chodrag Gyamtso) dan Gyaltsab Tulku II (Tashi Namgyal).

Gharwang 3Zurmang Gharwang III ini merupakan praktisi agama dan cendikiawan yang cemerlang pada masanya. Ia mempelajari dan melatih untuk menyempurnakan berbagai macam ajaran Tantra dan Sutra, khususnya latihan yidam Jyorwa Shi Kagyor dan Drolsungma. Karena keahliannya dalam bermeditasi, ia dapat melihat dengan jelas dewa-dewa pelindungnya.

Penitisan Gharwang III ini dikenal juga sebagai seniman yang sangat hebat dan pemahat ulung. Selama masa hidupnya, ia banyak sekali memahat patung-patung Buddha di lingkungan kompleks Monastri Zurmang. Dan salah satunya yang terkenal adalah patung emas Dorje Chang yang konon dapat memberikan ajaran agama.

Beliau juga banyak turut serta dalam pembuatan sebagian besar ukiran/lukisan dinding dan thangka yang terdapat di Monastri Zurmang pada masa itu. Hanya sangat disayangkan, banyak dari peninggalan bersejarah yang sangat berharga ini hancur atau hilang selama masa pergolakan yang panjang.