Main Menu

Penting

Calendar

June 2019
S M T W T F S
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30

Grand Puja 2009 - Vajrakilaya, Kurukulle, Simha Mukha

Zurmang Kagyud merupakan silsilah pokok tertinggi dalam silsilah Drupgyud Karma Kamtsang, yang dikenal sebagai Khadro Nyengyud (Nyen berarti bisikan, gyud berarti silsilah), yakni Silsilah Pendengaran Dakini atau Silsilah Bisikan.

Ajaran-ajaran Silsilah Bisikan pada mulanya diterima oleh seorang guru agung India yaitu Mahasidha Tilopa saat beliau pergi ke Uddiyana dan menerima ajaran-ajaran ini dari Vajrayogini. Itu sebabnya ajaran-ajaran ini disebut sebagai Silsilah Pendengaran "Dakini" - Vajrayogini menjadi Dakini utama dan pasangan dari Cakrasamvara. Tilopa menerima transmisi ini langsung dari Dakini, bukan dari seorang guru berwujud manusia.

Naropa menerima ajaran-ajaran ini dari Tilopa dan kemudian meneruskan instruksi-instruksi lisan yang terdalam mengenai esensi Cakrasamvara dan Vajravarahi (Vajrayogini) kepada Marpa dan membatasi ajaran ini hanya kepada seorang pemegang silsilah saja selama tiga belas generasi. Suatu naskah suci yang tampaknya meringkaskan ajaran-ajaran yang diterima Marpa ini berjudul "Karnatantra-vajrapada", yang dikarang oleh Naropa. Milarepa menerima ajaran-ajaran ini dari Marpa dan menurunkannya kepada Gampopa yang kemudian meneruskannya kepada Dusum Khyenpa, Karmapa pertama. Hal ini berlangsung hingga kepada Trung Mase Lodro Rinchen, yang merupakan murid dari Karmapa ke-lima, Dezhin Shegpa. Trung Mase merupakan generasi ke-tiga belas dan dengan demikian menjadi guru pertama yang dapat meneruskan silsilah istimewa dari ajaran-ajaran Mahamudra ini kepada lebih dari seorang penerus Dharma. Hal ini sesuai dengan ramalan kuno dari Mahasidha Tilopa yang bertekad bahwa beliau sendiri akan kembali setelah ajaran-ajaran ini telah diteruskan kepada tiga belas pemegang silsilah secara turun temurun, untuk membabarkan ajaran-ajaran ini secara luas. Demikianlah, Trung Mase sesungguhnya adalah manifestasi dari Tilopa, sebagaimana diakui oleh Karmapa ke-lima.

Dengan mengikuti instruksi guruNya untuk memberi manfaat bagi makhluk samsara, Trung Mase pergi ke Kham untuk mendirikan vihara di suatu tempat khusus yang merupakan pertemuan dua sungai besar sebelum mengalir secara teratur menuruni bukit, di mana tanah lokasinya menyerupai seekor kuda merah yang terbelah perutnya. Sesuai ramalan Dorje Narjolma, lokasi ini tepat merupakan tempat kediaman ucapan Cakrasamvara, dan secara berharga sangat diberkati oleh Yidam tersebut untuk memastikan keberhasilan latihan spiritual secara sempurna. Dalam satu kesempatan, menjelang pembangunan pusat retret di lokasi ini, saat Trung Mase bertanya di mana pengikutnya telah menempatkan torma untuk menenangkan para makhluk pelindung di daerah itu, jawabannya adalah di "tempat dengan banyak sudut" - demikian bagaimana asal mula munculnya nama Zurmang. Secara harfiah Zurmang berarti "banyak sudut". Trung Mase Lodro Rinchen kemudian menjadi pemimpin tertinggi Zurmang Kagyud.

Manfaat dari latihan Singha Mukha

Dilatih untuk menyembuhkan dan mengatasi masalah mental, melindungi kita dari serangan terutama ilmu hitam, juga dari mahluk-mahluk yang mempengaruhi pikiran secara negatif.

Manfaat dari latihan Kurukulle

AktifitasNya adalah untuk menarik apapun yang diperlukan untuk memajukan Dharma dan kesejahteraan mahluk samsara. Latihan ini sungguh sangat mendalam, namun disini kita hanya dapat menyebutkan manfaatnya dari sisi luar saja.

Manfaat puja dan latihan Vajrakilaya

Melenyapkan rintangan-rintangan terutama dimasa Kalpa Gelap ini dimana para praktisi menghadapi banyak rintangan. Rintangan-rintangan ini disebabkan oleh karma masa lalu atau tercipta dari keadaan sementara. Manifestasi dari ketiga racun berusaha sebaik mungkin untuk menciptakan rintangan-rintangan pada tingkatan sebelah luar, dalam dan rahasia. Rintangan sebelah luar adalah kondisi-kondisi eksternal. Rintangan sebelah dalam adalah ketidak seimbangan di dalam energi dan saluran-salurannya. Rintangan rahasia adalah rintangan bagi samadhi yang disebabkan oleh kemelekatan dualistik. Ada banyak tipe yang berbeda dari setiap rintangan, namun semuanya dapat diatasi dengan menjalankan latihan Vajrakilaya secara rajin dan dengan motivasi yang benar.

 

Lihat juga jadwal acara Grand Puja Vajrakilaya di beberapa kota di Indonesia.

Lihat juga brosur undangan Grand Puja Vajrakilaya untuk kota : Jakarta , Pekanbaru

 

Beberapa photo selama acara Grand Puja di beberapa kota dapat di lihat di sini : Jakarta, medan (dalam pengerjaan)