Home

Zhingdrup Retreat 2014 saat Waisak di Center Jakarta

buddha amitabha

Pada hari Kamis, tanggal 15 Mei 2014 yang lalu, yang bertepatan dengan hari Waisak, di center Zurmang Kagyud Jakarta telah diadakan acara Retreat Zhingdrup selama 1 hari penuh, mulai dari jam 05.30 hingga sekitar jam 18.30 malam. Umat yang berminat untuk mengikuti retret  menghubungi sdri. Yulia / Chie2 . Pendaftaran paling lambat dilakukan pada hari Minggu, tanggal 11 Mei 2014, karena panitia harus mempersiapkan segala keperluan retreat, termasuk pemesanan makanan. Beberapa photo saat retreat dapat dilihat dalam beberapa hari kedepan ...

 

 

 

 

Zhingdup adalah latihan untuk terlahir di alam suci Sukhavati (alam suci Buddha Amitabha/Dewachen) merupakan metode tertinggi untuk terlahir di alam suci Buddha Amitabha, yang dikarang oleh Zurmang Kenchen Pema Namgyal (emanasi dari Boddhisatva Manjushri), berdasarkan doa-doa aspirasi agung dari Karma Chakme.

Informasi yang lebih mendetail tentang Zhingdrup dapat dilihat disini. Pahala yang di kumpulkan akan dilimpahkan bagi semua makhluk agar mereka cepat mencapai pencerahan, dan juga bagi perdamaian dunia. Seperti biasa, acara akan dipimpin oleh Lama Jigme Norbu serta Ani Tashi.

Pada acara ini, sila yang diterima dan diambil oleh peserta adalah sila Nyenne (Athasila), yaitu:

  1. Tidak Membunuh
  2. Tidak Mencuri
  3. Tidak Berbuat Asusila (serta tidak melakukan hubungan suami-istri)
  4. Tidak Berbohong
  5. Tidak mengkonsumsi apapun yang dapat melemahkan kesadaran dan menyebabkan ketagihan
  6. Tidak Makan setelah jam 12 siang
  7. Tidak Memakai Perhiasan atau Make Up dengan tujuan mempercantik diri, dan Tidak Bernyanyi atau Berdansa
  8. Tidak Tidur atau Duduk di tempat duduk yang mewah dan tinggi

PENTING :

  • Acara retreat diadakan 1 hari penuh, pada hari Waisak, tanggal 15 Mei 2014, tepat jam 05.30 Pagi. Semua peserta diwajibkan tiba di center paling telat pada jam 05.00 pagi.
  • Acara retreat akan selesai sekitar jam 20.30 wib. Setelah pulang kerumah, umat tetap harus MENJAGA SILA hingga matahari terbit pada keesokan harinya, karena umat masih terikat sila (seperti layaknya seorang bhikku dan bhikkuni).
  • Biaya pendaftaran Retreat sebesar Rp. 50.000 sebagai donasi (sudah termasuk sarapan pagi, makan siang dan minum, semua makanan yang disediakan adalah makanan Vegetarian).
  • Disarankan untuk membawa tasbih (MALA) ataupun Counter untuk penjapaan mantra.
  • Peserta diwajibkan menyediakan sendiri perlengkapan obat-obatan pribadi.
  • Ketika makan siang berlangsung, semua peserta harus mengantri dengan teratur, setelah mengambil makanan dan duduk, peserta tidak diperbolehkan berdiri lagi untuk menambah makanan. Nanti akan ada panitia yang membantu membawa makanan dihadapan semua peserta.
  • Bila setelah selesai makan, tidak boleh langsung berdiri dan meninggalkan ruangan, akan ada ritual mempersembahkan torma kepada makhluk di alam rendah. Setelah mendapat instruksi dari Lama baru boleh meninggalkan ruang makan.
  • Ketika puja berlangsung sangat disarankan untuk tidak ke toilet, bila kondisi memaksa ketika kembali ke ruangan puja diwajibkan bernamaskara 3 kali (persiapkanlah diri anda sebelum puja berlangsung).
  • Toilet yang disediakan sebanyak 4 buah dilantai 2 dan 2 buah dilantai 3. Gunakanlah toilet dengan seperlunya dan jagalah kebersihan toilet.
  • Selama Retreat berlangsung tidak boleh berbicara dengan sesama peserta.
  • Dilarang menggunakan Handpone (SMS/BBM).
  • Gunakanlah waktu anda dengan sebaik-baiknya untuk meditasi, membaca doa dan menjapa mantra.

Terima Kasih